Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Rabu, 04 Juli 2018

Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo: Lokasi, Rute Perjalanan dan Harga Tiket Masuk


Beberapa tahun terakhir ini, Kabupaten Kulonprogo terus mengembangkan potensi wisata alam yang ada di wilayahnya. Diberkahi alam yang indah, pemerintah setempat terus berbenang dengan membangun berbagai infrastruktur untuk menopang potensi wisata di kabupaten ini. Selain pembangunan infrastruktur, promosi wisata juga gencar dilakukan, sehingga dari waktu ke waktu, Kabupaten Kulonprogo ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Mungkin, dulu kita hanya mengenal beberapa objek wisata di Kulonprogo, seperti Hutan Mangruve, Pantai Congot dan Pantai Glagah saja. Jika kita telusuri lebih jauh, Kabupaten Kulonprogo ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang asik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata di Kulonprogo yang wajib kita kunjungi adalah Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Benteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Indonesia, nama Air Terjun Grojogan Sewu memang sudah sangat populer. Air Terjun Grojogan sewu tidak hanya ada di Kulonprogo , tetapi sebelum objek wisata ini ditemukan, sebelumnya sudah ada objek wisata air terjun yang bernama Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah. Adapun nama “grojogan sewu” itu sendiri bisa diartikan sebagi seribu pancuran, dan dalam konteks ini nama “grojogan sewu” digunakan untuk menyebutkan air terjun yang memiliki debit air besar.






Secara keseluruhan air terjun Grojogan Sewu yang ada di Kulonprogo ini tidak memiliki kemiripan dengan air terjun Grojogan Sewu yang ada di Tawangmangu Karanganyar. Air terjun di Kulonprogo ini diberi nama “Grojogan Sewu” karena memang debit air yang jatuh cukup deras dan memenuhi dinding-dinding air terjun yang tingginya kurang lebih 15 meter.

Meskipun belum lama di buka, pelan tapi pasti Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu mulai dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan. Semua itu tidak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Kulonprogo  serta masyarakat sekitar yang mulai sadar akan pentingnya potensi wisata daerah bagi pembangunan dan kemajuan daerah. Faktor penunjang yang tidak kalah pentingnya ialah, lokasi Air Terjun Grojogan Sewu yang berdekatan dengan lokasi objek-objek wisata lain, seperti Objek Wisata Goa Kiskendo dan objek-objek wisata lainnya.

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Air Terjun Grojogan Sewu ini menawarkan pemandangan yang memesona. Air yang jernih, alam perbukitan yang masih asri, udara yang sejuk segar, menjadikan destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Menurut salah satu pengelola Air Terjun Grojogan Sewu, tempat ini biasanya ramai dikunjungi sekitar setengah tiga sore sampai pukul lima sore. Pengunjungnya biasanya datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Bali dan masih banyak lagi.

Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, maka kesegaran dan ketenangan akan langsung Anda dapatkan. Air terjun jernih berpadu dengan embung yang dialiri air berwarna kebiru-biruan, menjadikan air terjun ini terlihat cantik dan eksotis.

Apabila berkunjung di pagi hari, Anda akan menemukan kabut pagi yang secara perlahan bergelayutan di atas gerojogan sewu, dimana kabut-kabut ini membuat air terjun terlihat cantik nan memesona. Ada beberapa tingkatan di air terjun ini, ada yang sudutnya 90 derajat ada juga yang bentuknya mirip dengan perosotan.

Di air tejun paling atas terdapat sebuah kedung yang biasanya para penggunjung akan mandi disini. Airnya yang jernih tentu saja menggoda para wisatawan untuk terjun kedalamnya. Namun disarankan untuk tetap waspada saat mandi di kedung karena kedung ini cukup dalam.Bagi yang tidak ingin mandi di kedung bisa bermain air di aliran air sungai. Jika tidak ingin basah-basahan bisa duduk santai di gazebo atau kursi sederhana yang dibuat oleh pengelola menikmati rimbun pepohanan, gemercik air sungai dan suara serangga yang menghuni hutan desa.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Fasilitas pendukung objek wisata ini terbilang cukup lengkap, seperti kamar mandi dan kamar ganti, parkir yang luas, warung makan dan berbagai fasilitas lainnya. Hal ini tentunya cukup membantu bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, jalan setapak menuju lokasi air terjun sudah cukup baik, ada papan petunjuk arah di setiap simpangan dan pagar pengaman saat menuruni bukit. Namun demikian, para pengunjung tetap harus hati-hati, karena jalan stapak tersebut masih berupa tanah dan agak licin ketika habis turun hujan. Asiknya, di beberapa titik jalan di beri tempat duduk yang terbuat dari bambu, sehingga Anda bisa istirahat atau bersantai ketika kelelahan.

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Dusun Benteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya masih di kawasan perbukitan menoreh. Jadi, ketika berkunjung ke tempat ini, Anda akan melintasi jalan berkelok dan naik turun khas jalan-jalan perbukitan. Jarak objek wisata air Terjun Grojogan Sewu dari pusat kota Yogyakarta tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 23 Km atau sekitar 1 jam perjalanan.

Jalan ke Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Rute termudah untuk berkunjung ke objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu ialah melalui Jalan Godean, kemudian menuju Gedongan, dari trafic light Gedongan lurus terus ke arah barat sampai melewati Sungai Progo. Nanti Anda akan bertemu trafic light Kenteng. Dari situ ikuti jalan aspal lihat papan petunjuk arah yang mengarah ke objek wisata Goa Kiskendo. Di sekitar jalan menuju Goa Kiskendo ada papan petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi Air Terjun Grojogan Sewu, ikuti papan petunjuk jalan tersebut, nanti Anda akan sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Untuk menikmati lokasi wisata Grojogan Sewu, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 6000. Parkir kendaraan Rp.2000 dan tiket masuk Rp.4000.

Tempat Wisata di Dekat Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Di dekat Air Terjun Grojogan Sewu ini terdapat juga beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Objek-objek wisata itu antaralain:

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan objek wisata Kulonprogo yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, kurang lebih 38 KM, ke arah Barat kota Yogyakarta atau kurang lebih 21 KM dari kota Wates. Goa Kiskendo adalah goa alam yang berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang bisa Anda telurusi dengan mudah. Panjan goa ini kurang lebih 600 meter. Menurut mitos masyarakat sekitar, Goa Kiskendo dulunya adalah altar bagi pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwa-Subali. Cerita ini bisa Anda saksikan dengan melihat relief di dinding goa.


Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco berada di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.  Waduk ini dibangun pada tahun 2013 silam. Waduk ini pada dasarnya dibangun sebagai penampung air yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian di sekitar kawasan waduk. Namun, seiring berjalannya waktu, waduk ini juga dijadikan sebagai objek wisata. Bahkan, Sejak dibangun waduk ini menjadi destinasi wisata Kulonprogo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.


Gua Maria Lawangsih

Gua Maria Lawangsih ini berada di Dusun Patihombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, atau sekitar 40 Kilometer arah barat kota Yogyakarta. Lokasinya tidak begitu jauh dengan Gua Kiskendo. Daya tarik dari gua ini adalah suasana alamnya yang masih asri dan tentunya keindahan dalam goa yang tidak bisa Anda temukan di tempat-tempat lainnya.