Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Selasa, 07 Februari 2017

Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi – Terkenal dengan sebutan Kota Udang, Kota Wali dan sering pula disebut Caruban Nagari atau Penanda Gunung Ceremai. Kota ini dulu hanyalah kampung nelayan kecil yang sering disinggahi kapal asing dan selanjutnya berkembang menjadi kerajaan Cirebon sebelum di kuasai VOC. Pesona sejarah Cirebon sangat menarik untuk ditelusuri mulai dari sisi religi hingga sisi budaya setempat.

Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah seorang Mubaligh, pemimpin spiritual dan seorang sufi yang perannya sangat penting dalam perkembangan agama Islam di Cirebon, Konstruksi Bangunan makam sangat unik karena mengombinasikan gaya arsitektur Jawa, China dan Arab. Banyak warga datang berziarah dan menelusuri kembali sejarah yang diukir tokoh besar ini. 


Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid tertua di Cirebon yang dibangun tahun 1480 ini menjadi saksi penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Sunan Kalijaga merupakan arsitek dalam proyek masjid ini. 


Keraton Kanoman

Salah satu bangunan kesultanan Cirebon yang didirikan oleh Pangeran Mohammad Badridin atau Pangeran Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I pada 1588 Masehi. Keraton Kanoman merupakan objek wisata yang menyimpan sejarah syiar Islam Sunan Gunung Jati. Tempat Ini juga memiliki museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah. 


Babakan Ciwaringin

Babakan Ciwaringin Merupakan pondok pesantren tertua yang didirikan pejuang nasional bernama KH. Hasanudin tahun 1705 M. Pesantren ini merupakan salah satu simbol perlawanan masyarakat Cirebon dalam menghadapi penjajah karena banyaknya tokoh pesantren yang mengambil peran dalam kemerdekaan Indonesia. 


Sunya Ragi

Merupakan taman wisata gua dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi. Sunya berarti sepi dan ragi berarti raga, daerah ini dahulu digunakan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarga. 


Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan Berkisar 25 menit dari Kota Cirebon dan berlokasi di dalam kompleks pabrik semen. Sebagian zona ekploitasi berupa pasir dan pabrik kering, sebagian lagi merupakan daerah obyek wisata yang banyak ditumbuhi pohon dan sungai air panas berwarna biru dengan panas mencapai 60 derajat celcius. 


Situ Sedong

Sebuah waduk buatan di wilayah kecamatan Sedong. Banyak warga melakukan aktifitas memancing di waduk yang ikannya melimpah ini. Pemandangan indah juga membuat banyak warga duduk di sekitar waduk untuk menikmati sunset.