Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Rabu, 08 Februari 2017

Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi – Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini rupanya menyimpan banyak potensi wisata. Baik wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Menjelajah kota ini pasti akan menjadi pengalaman sangat menarik dan tak mudah dilupakan. Berikut ini tempat wisata di Semarang yang wajib Anda kunjungi:

Air Terjun Kali Pancur

Kawasan wisata alam Air Terjun Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Selain dihiasi relief bebatuan alam, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet. 

Air terjun Kali Pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, berada pada punggungan gunung Telomoyo yang mengarah ke danau Rawa Pening. Sepanjang punggung gunung ini, selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. 


Goa Kreo

Kawasan Wisata Goa Kreo Semarang berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Kata “Kreo” berasal dari kata “Mangreho” yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan monyet yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu. Monyet-monyet yang ada di Goa Kreo ini adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), monyet di sini termasuk monyet yang cukup jinak, dan bisa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo. 

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Kompleks masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 Meter Pesegi. Masjid Agung Jawa Tengah terletak di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan obyek wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam. Dengan berkunjung ke masjid ini, pengunjung dapat melihat keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Roma dan Arab. 

Bandungan Bandungan Ungaran

Bandungan Bandungan merupakan sebuah obyek wisata pegunungan yang terdapat di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Bandungan memiliki udara yang sejuk dan segar sehingga banyak sekali terdapat hotel dan motel. Adapun obyek wisatanya yang terkenal yaitu Candi Gedong Songo. Terdapat arena outbond yang menantang dan pemandangannya indah. Komplek perumahan Hollywood juga ada, letaknya di daerah susan spa. Obyek wisata ini dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Ungaran, atau sekitar 15 menit dari Ambarawa melalui jalur pegunungan. 

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedong Songo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Komplek candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi arti kata Gedong Songo adalah sembilan (kelompok) bangunan. 

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Di mana lereng gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin.