Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Rabu, 22 Maret 2017

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul – Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Jogan memiliki keistimewaan tersendiri bila dibandingkan pantai-pantai di Gunung Kidul Lainnya. Keunikan Pantai Jogan ialah keberadaan air terjun yang airnya jatuh langsung dari atas tebing ke bibir pantai. 


Tinggi air terjun di Pantai Jogan kurang lebih 10 Meter, dan airnya berasal dari perbukitan karst yang ada di sebelah utara pantai ini. Meskipun pantai ini sudah dibuka lama, namun belum banyak wisatawan yang tahu lokasi Pantai Jogan  Gunung Kidul yang indah ini. Padahal, pantai ini terletak persis di sebelah Pantai Siung. 

Untuk bisa menikmati air terjun yang ada di Pantai Jogan Gunung Kidul  ini, pengunjung harus turun ke bawah melewati anak tangga dari bebatuan. Namun, ketika turun kamu harus hati-hati, karena kondisi batuan licin, apalagi ketika musim hujan maka batu-batu itu akan semakin licin. Meski demikian kamu tidak perlu khawatir, karena ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh kamu. 

Ketika turun ke bawah, kamu harus hati-hati, selain licin, jalan juga cukup curam. Dan yang lebih menantang ialah, kamu harus melewati bebatuan karang yang banyak dihuni anak-anak kepiting, berwarna transparan dan ukurannya kurang lebih 5 milimeter. Oleh warga sekitar, kepiting-kepting tersebut biasanya diambil untuk dijadikan lauk. 

Setelah melewati berbagai rintangan yang ada, maka sudah saatnya kamu menikmati keramahan air terjun itu dengan kemericik air yang mengguyur bagaikan sebuah tirai terbuat dari air yang sejuk dan menyegarkan. Ketika menikmati guyuran air terjun ini, maka kita akan mengingat begitu besar nikmat Tuhan, bahwa di tengah-tengah daerah yang terkenal dengan kegersangan ternyata menyimpan sumber air yang tersembunyi di perut bumi. 

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Lokasi Pantai Jogan terletak di Desa Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses ke Pantai Jogan

Pantai Jogan berjarak 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Akses jalan menuju pantai ini sudah memadai, jalan sudah beraspal, dan ketika mendekati lokasi jalan sudah cor blok dan dapat dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat.