Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Kamis, 23 Februari 2017

Tempat Wisata di Pulau Samosir yang Wajib Dikunjungi

Pulau Samosir terletak di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi daerah primadona pariwisata. Mulai dari alam yang indah dan sangat unik karena pulaunya terdapat di tengah Danau Toba, seni budaya eksotis, keramahan penduduk dan infrastruktur yang lengkap. Berikut ini tempat wisata di Pulau Samosir yang wajib dikunjungi.


Makam Raja Sidabutar
Makam Raja Sidabutar

Raja yang berkuasa di daerah Tomok ini konon merupakan orang pertama yang bermukim di Tomok dan merupakan nenek moyang etnis Batak. Bentuk makam raja Sidabutar sangat unik karena petinya terbuat dari batu besar yang dipahat dengan ornamen indah. 

Pagar Batu 

Desa dan situs megalitikum Pagar Batu terkenal dengan batu besar yang mengelilinginya dan dipuncaknya terdapat Sarkofagus besar yang memiliki wajah yang diukir sebagai penanda bahwa di bawah tempat tersebut dikubur jenazah raja. Batu-batu lain ditempat ini juga diukir dengan gambar wajah beraneka rupa. Karena dianggap sakral, para wisatawan dilarang berbicara kasar di tempat ini. 

Air Terjun Batu Sawan 
Air Terjun Batu Sawan

Situs sejarah di Desa Sarihamit ini dianggap sakral oleh penduduk setempat, karena dipercaya merupakan tempat mandi Raja Namartua Pusuk Buhit (Raja Uti). Air Batu Sawan juga memiliki rasa yang unik, percampuran rasa asam dan kesegaran mata air murni. Dinamai air terjun Batu Sawan, karena bermuara di sebuah batu besar berbentuk cawan (sawan) berukuran besar. Karena termasuk tempat keramat, banyak aktifitas ritual dilakukan di tempat ini. 

Aek Rangat
Aek Rangat

Tempat wisata air panas untuk para wisatawan yang lelah setelah menikmati keindahan Pulau Samosir. Banyak rumah di sekitar tempat wisata yang menyediakan makanan khas Batak ini. Di dalam rumah-rumah tersebut juga menyediakan tempat pemandian yang bisa dinikmati gratis bila Anda memesan makanan. 

Pantai Pasir Putih Parbaba
Pantai Pasir Putih Parbaba

Pasir Putih Parbaba Terletak di Desa Hutabolon, objek wisata ini sebenarnya adalah sisi Danau Toba yang diselimuti pasir. Udara sejuk khas dataran tinggi dan air yang tidak terlalu dalam membuat Pantai Pasir Putih Parbaba bak kolam renang alami raksasa. 

Danau Sidihoni 
Danau Sidihoni

Danau di dalam danau itulah julukan Danau Sidihoni. Dikelilingi oleh bukit hijau yang landai dengan pohon pinus bertebaran. Lokasi ini murni memberikan pemandangan indah tanpa ada sarana wisata pendukung lain. Wisatawan harus aktif bertanya pada penduduk asli untuk menemukan danau ini. 

Tuk Tuk Siadong 
Tuk Tuk Siadong

Tuk-tuk merupakan desa wisata yang dibangun di tepi Danau Toba. Lokasinya dekat dari pintu gerbang pulau Samosir. Keindahan penataan desanya dan pesona alamnya membuat wisatawan selalu mengunjunginya untuk bermalam sambil menikmati keindahan Danau Toba. Hotel dan villa banyak ditemukan di daerah ini.