Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Selasa, 07 Maret 2017

Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Lokasi Curung Jenggala Banyumas – Banyumas nampaknya tidak mau kalah dengan darah tetangganya Kebumen. Seiring dengan maraknya spot selfie yang berkembang di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Banyumas juga tidak mau kalah dengan meluncurkan wahana baru yang dinamai Curug Jenggala, yakni sebuah air terjun alamai yang menawarkan pesona alam menakjubkan dan tidak kalah cantiknya dengan Pantai Patemon dan Bukit Hud di Kebumen.

Curug-Jenggala-Banyumas


Jurug Jenggala mempunyai panorama alam yang indah, udara yang sejuk dan suasana yang masih asri, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan. Selain keindahan air terjunnya, pengelola setempat juga menyediakan spot selfie berupa altar cinta. Spot cinta ini beberapa waktu lalu menjadi viral di media sosial, sehingga tempat ini semakin populer dikalangan para pecinta alam.
Jurung Jenggala ini awalnya bernama Curung Tempuan. Karena memang air terjun ini terbuat dari pertemuan tiga aliran sungai yang membentuk 3 air terjun yang sejajar dan dengan ketinggian sekitar 30 Meter.

Dikalangan para traveler nama Curung Jenggala ini mungkin masih sangat asing, karena memang tempat ini belum lama dibuka untuk umum. Selain itu, Banyumas tidak sepopular Jogja atau Malang yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Akan tetapi, bukan berarti Banyumas tidak mempunyai spot selfie yang cantik dan menawan. Sebenarnya, di Banyumas terdapat banyak tempat wisata menarik, namun sayang belum dikembangkan secara maksimal dan belum banyak di ekspos ke publik.

Lokasi Curug Jenggala

Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketengger, Kecamatan Baturaden. Dari Objek Wisata Baturaden, menuju Curung Jenggala tidaklah terlalu jauh. Di sekitar Curug Jenggala ini sebenarnya juga banyak terdapat air terjun yang indah, seperti Curug Bayan, Curug Gedhe, dan Curug Penganten. Namun, dari beberapa curug yang ada, curung yang paling populer dikalangan wisawatan adalah Curug Jenggala.

Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Curug Jenggala sangat mudah diakses, karena memang lokasinya tidak jauh dari Taman Wisata Baturaden. Maka dari itu, ketika ingin menikmati indahnya Curug Jenggala, carilah rute menuju lokasi Baturaden, lalu ikuti arah ke Curug Bayan. Di tempat ini ada sebuah Homestay. Nah, di sebelah homestay ini ada jalan kecil yang menanjak. Ikuti jalan itu, nanti Anda akan menemukan papan petunjuk jalan yang mengarah ke Curug Jenggala. Ikuti papan petunjuk jalan tersebut nanti Anda akan sampai ke lokasi.