Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Rabu, 04 Juli 2018

Jurang Tembelan Kanigoro: Rute Perjalanan, Peta Lokasi, dan Harga Tiket Masuk


Kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki banyak potensi wisata. Dilihat dari segi geografisnya, Kabupaten Bantul memang memiliki potensi wisata yang cukup besar, baik itu wisata alam, wisata budaya/sejarah, pendidikan, taman hiburan dan sentra industri kerajinan.

Berhkah alam dan aneka kebudayaan yang ada di Kabupaten Bantul ini  patut untuk terus dikembangkan. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Bantul terus berbenah, terutama dari segi infrastruktur guna menopang laju pertumbuhan industri pariwisata. Selain itu promosi dan pembuatan objek-objek wisata di Bantul juga gencar dilakukan. Hal ini terbukti sejak beberapa tahun lalu, banyak bermunculan destinasi-destinasi wisata baru di Kabupaten Pantul.

Salah satu destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Bantul ialah Sayap Kupu-Kupu Jurang Tembelen Kanigoro. Sejak pertama kali dibuka, Sayap Kupu-Kupu Jurang Tembelen Kanigoro ini menjadi destinasi wisata baru di Bantul yang langsung popular. Banyak foto-foto tentang keindahan tempat wisata ini yang menghiasi media sosial, mulai dari facebook, instagram, twitter dan media-media sosial lainnya.








Namun, semua itu tidak membuat pengelola Jurang Tembelan Kanigoro puas. Di tengah persaingan objek wisata yang semakin ketat, nampaknya para pengelola destinasi wisata di Bantul ini terus melakukan inovasi demi memuaskan para wisatawan.

Jika awalnya Jurang Tembelan hanya menawarkan gardu pandang sederhana sebagaimana gardu pandang yang ada di Bukit Panguk Kediwung, maka 3 bulan kemudian pengelola Jurang Tembelan Kanigoro melakukan inovasi dengan membuat gardu pandang menyerupai sebuah perahu berukuran besar. Di luar dugaan, ternyata spot selfie tersebut langsung popular di media sosial, dan menjadi buruan para pecinta foto selfie. Tidak butuh waktu lama, akhirnya Jurang Tembelan ini mampu menggeser popularitas Bukit Panguk yang terkenal dengan keindahan panorama pagi bak negeri atas awan.

Setelah berhasil menarik minat wisatawan dengan adanya gardu pandang berupa perahu itu, pengelola Jurang Tembelan Kanigoro terus melakukan inovasi. Pada tahun 2017 ini pengelola membuat spot selfie baru berbentuk sayap kupu-kupu. Dengan adanya spot selfie baru ini, saat ini Jurang Tembelan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, dan menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata unggulan di Kabupaten Bantul.

Spot Selfie Sayap kupu Kupu Jurang Tembelan

Spot selfie baru di Jurang Tembelan ini bisa dibilang berbeda dan sangat unik, sebab spot selfie ini berbentuk sayap kupu-kupu berukuran besar dengan tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Di tempat ini pengunjung bisa foto selfie dengan background sayap kupu-kupu, sehingga seolah-olah kita bagaikan kupu-kupu berukuran besar yang sedang terbang di atas awan.

Letak Jurang Tembelan Kanigoro yang menghadap ke arah barat daya membuat objek wisata ini cocok untuk menikmati indahnya sunset. Tidak adanya penghalang di bagian barat membuat kita semakin mudah menyaksikan keindahan alam yang membentang luas sejauh mata memandang. Jika kamu datang ke tempat ini pada pagi hari, maka suasana dan keindahan alam jurang tembelan ini juga sangat indah. Di mana keadaan sekitar jurang akan membuat kamu seolah-olah berada di negeri atas awan, karena kabut-kabut tebal yang menyelimuti bagian bawah tebing ini.

Jurang Tembelan yang lokasinya di dataran tinggi memang cocok untuk berburu sunrise. Apalagi bagi Anda para pecinta fotografi, keindahan alam di tempat ini sangat cocok sebagai objek lensa kamera Anda. Pesona alam di Jurang Tembelan ini pasti akan menghasilkan foto yang keren dan unik. Hasil fotonya pun pasti sangat instagramable.

Selain sayap kupu-kupu, bagi Anda yang suka selfi, di tempat wisata ini juga terdapat spot foto berbentuk Perahu raksasa yang letakknya mencorok ke mulut jurang. Spot foto ini yang menjadi favorit para pengunjung. Hal ini karena, ketika Anda berfoto di spot ini, maka Anda akan terlihat seperti di atas perahu terbang. Apalagi jika Anda datang ke tempat ini pada pagi hari, maka Anda akan mendapatkan sensasi seperti di atas awan, dan foto-foto Anda di atas perahu pasti akan terlihat seperti sedang berlayar di atas awan, sehingga foto Anda akan sangat memesona.

Fasilitas yang ada di Jurang Tembelan Kanigoro

Fasilitas yang ada di Jurang Tembelan Kanigoro ini terbilang sudah cukup lengkap, meskipun masih banyak yang perlu di lengkapi dan diperbaiki. Meski demikian di objek wisata ini sudah terdapat penjual jajanan dan juga warung makan yang harganya sangat terjangkau. Dan secara keseluruhan, Jurang Tembelan Kanigoro ini bisa menjadi wisata alternatif di antara banyaknya tempat-tempat wisata di Jogja lainnya.

Alamat Jurang Tembelan Kanigoro

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro tidak jauh dari Kebun Buang Mangunan dan Bukit Mojo, serta berjarak kurang lebih 2 kilometer dari dua objek wisata tersebut. Adapun alamat lengkap Jurang Tembelan Kanigoro ini ialah Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya silakan lihat google maps di bawah ini.
Rute ke Jurang Tembelan

Rute ke Jurang Tembelan ini tergolong sangat mudah, karena memang letaknya dekat dengan dua objek wisata yang sudah terkenal di Bantul, yakni Kebun Buah Mangunan dan Bukit Mojo. Adapaun rute jalan yang bisa Anda tempuh untuk mencapai lokasi Jurang Tembelan adalah sebagai berikut:
Dari arah Kota Jogja, kemudian carilah jalan ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan terminal tersebut lurus terus ke Jalan Imogiri sampai bertemu pertigaan Pasar Imogiri. Setelah itu belok ke kiri. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu Makam Raja-Raja Mataram. Sebelum pintu masuk kawasan Makam Raja-Raja, ada pertigaan, beloklah ke kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan, lurus terus. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan yang mengarah ke Hutan Pinus dan Mangunan, lurus terus. Ketika sudah sampai di belokan yang menuju kebun buah kamu akan mendapati petunjuk jalan yang mengarah ke Jurang Tembelan. Ikuti papan petunjuk jalan tersebut, dan jika kamu bingung silakan tanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Untuk bisa menikmati keindahan alam Jurang Tembelan kamu tidak akan dikenakan biaya retribusi dan hanya perlu membayar ongkos parkir sebesar Rp2000 per-orang. Untuk bisa foto di spot foto perahu kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp3000 per-orang, cukup murah bukan?