Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Rabu, 04 Juli 2018

Sendang Geulis Kahuripan Bandung – Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi


Bandung memang selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Mengapa demikian? Karena Bandung merupakan kota metropolitan di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Ada banyak tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi, karena di tempat-tempat wisata tersebut Anda akan menemukan kenyamanan, ketenangan, keindahan alam, dan pengalaman baru yang takkan terlupakan. Di antara sekian banyak tempat wisata di Bandung, Sendang Geulis Kahuripan bisa Anda jadikan sebagai objek wisata untuk mengisi liburan Anda.

Mungkin nama objek wisata Sendang Geulis Kahuripan ini masih terdengar asing di telinga Anda. Di depan pintu masuk objek wisata ini tertulis nama Sendang Geulis Kahuripan, namun ada banyak orang yang menyebutnya dengan nama Sindang Geulis Kahuripan.

Sebenarnya telaga ini dikenal dengan sebutan “Cikahuripan” atau Sendang Geulis Kahuripan. Jika kita artikan kata per-kata, maka Telaga Cikahuripan memiliki arti “Danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan.” Hampir sama dengan julukan populernya yaitu Sendang Geulis Kahuripan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “Sendang” memiliki arti “kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus.” Jadi nama “Sendang” ini lebih tepat digunakan daripada nama “Sindang” yang dilafalkan banyak orang. Sindang sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti mampir.

“Geulis” dalam bahasa Sunda memiliki arti “Cantik.” Sedangkan “Kahuripan” bisa diartikan “Kehidupan.” Jadi bila diartikan secara keseluruhan “Sendang Geulis Kahuripan” mempunyai arti “kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan memberikan kehidupan bagi masyarakat/orang di sekitarnya.”

Tak salah jika kata “Geulis” di sematkan di objek wisata ini, karena memang Sendang Geulis Kahuripan memiliki corak wisata yang sangat memikat.  Objek wisata ini memang tergolong baru, maka wajar jika banyak orang yang belum mengenal atau mengetahuinya. Meskipun terhitung baru, tetapi tidak sedikit para pemburu wisata alam atau objek-objek wisata baru yang mengunjungi Sendang Kahuripan ini.





Sendang Geulis Kahuripan adalah objek wisata berupa sendang yang berpadu padan dengan alam-alam sekitar yang unik, indah nan mempesona. Di tempat ini Anda bisa berendam dan berenang menikmati kesegaran sumber mata air alami. Sumber mata air di tempat ini tentu berbeda dengan sumber-sumber mata air alami di tempat-tempat lain, seperti Umbul Ponggok di Jawa Tengah atau Sumber Sira di Malang Jawa Timur. Sendang Geulis Kahuripan memiliki pesona sendiri, selain karena kondisi alamnnya yang masih asri, sumber mata airnya sangat jernih sehingga ketika berenang atau sekadar berendam Anda akan menemukan kesegaran yang luas biasa.

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan agak tersembunyi. Namun objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik mereka yang berasal dari daerah Bandung sendiri, maupun wisatawan dari luar Bandung. Bagi para pecinta alam atau yang memiliki hobi berpetualang, Sendang Geulis Kahuripan merupakan destinasi wisata yang cocok dan patut Anda coba. Kondisi alam di tempat ini sangat tenang, pepohonan yang rindang, udara yang sejuk dan pemandangan alam yang memesona menjadikan objek wisata yang satu ini sebagai tempat untuk bersantai atau sekadar menenangkan diri menjauh dari hiruk-pikuk dan keramaian kota.

Daya Tarik Sendang Geulis Kahuripan

Sebelum berkunjung ke destinasi wisata ini, mungkin Anda bertanya-tanya apasih daya tarik dari Sendang Geulis Kahuripan ini sehingga wajib dikunjungi? Nah, berikut ini adalah alasan dan berbagai kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sana.

Pertama, daya tarik yang ditawarkan Sendang Geulis Kahuripan ini adalah wisata air dengan background alam perbukitan yang masih alami, sejuk, segar dan eksotis. Di mana di sekitar sendang ini terdapat area pesawahan yang hijau dan sedap di pandang mata. Air di sendang ini sangat jernih hingga bebatuan yang ada di dalam air terlihat jelas membuat sendang ini terlihat sangat eksotis. Kejernihan air dan keindahan alam sekitar sendang ini merupakan alasan mengapa Sendang Geulis Kahuripan menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang instragramable.

Kedua, kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah mandi dan berendam di kolam air tersebut. Kegiatan ini akan membuat Anda menemukan sensasi berbeda dibandingkan dengan berenang di kolam renang biasa atau berenang di sumber-sumber mata air lainnya. Dengan air yang jernih, bersih dan air yang lumayan dingin, maka ketika Anda menceburkan diri, kesegaran dalam tubuh akan langsung terasa. Bahkan, masyarakat sekitar percaya bahwa air yang ada di sendang ini memiliki khasiat bisa mempercantik dan menghaluskan kulit, serta membuat awet muda.

Kegiatan lain yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat ini adalah jangan lupa untuk membawa kamera, karena di tempat ini banyak spot foto menarik yang bisa Anda jadikan sebagai objek lensa kamera Anda.

Fasilitas yang ada di Sendang Geulis Kahuripan

Tempat wisata di Bandung Barat ini sudah cukup dikelola dengan baik. Karena dilokasi sudah tersedia tempat bilas, tempat berganti pakaian dan warung-warung yang menyediakan makanan.

Harga Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Berbicara soal tiket masuk, jangan khawatir! Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan dinginnya mata air Sendang Geulis Kahuripan tak perlu biaya mahal. Pengelola hanya mematok tiket masuk Rp 10.000 per-orang.

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan

Objek wisata ini dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara. Adapun lokasi Sendang Geulis Kahuripan ini berada di wilayah RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Secara administratif, Objek wisata ini terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Rute Jalan Menuju Sendang Geulis Kahuripan

Bagi Anda yang sedang mencari tahu cara mengakses atau menuju lokasi objek wisata ini, berikut wisatamy.blogpot.com jelaskan rute jalan yang bisa Anda lewati.

Jika Anda berasal atau dari arah Jakarta, untuk menuju kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Anda bisa keluar di pintu tol Cikamuning (Tol Cipularang). Setelah itu Anda bisa menyusuri jalan Cikampek-Padalarang, hingga tiba di jalan raya Cikalong. Setelah Anda melewati perbatasan Cikalong Wetan, perhatikan arah kanan jalan yang Anda lewati. Kurang lebih 3 Kilometer dari batas Kec. Cikalong Wetan, Anda akan menjumpai pertigaan yang ada gapura berbentuk nanas dan di ujungnya terdapat pangkalan ojek.

Sampai di situ perjalanan Anda belum selesai. Dari pertigaan tersebut Anda harus melewati jalan sepanjang 4 Kilometer sebelum sampai di lokasi tujuan. Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda akan melewati jalur perjalanan yang asik, meskipun jalan untuk menuju lokasi belum begitu baik, mulai dari aspal rusak hingga jalan tanah yang cukup licin. Meski demikian selama perjalanan Anda akan menemukan panorama alam yang luar biasa Indah.

Untuk lebih jelas mengenai rute menuju lokasi Sendang Geulis Kahuripan lihat google map berikut:


NB: Bagi Anda yang ingin berpetualang ke Sendang Geulis Kahuripan, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini karena akses jalan yang sempit, sehingga sulit dilalui kendaraan roda empat, terutama ketika bersimpangan dengan kendaraan dari arah depan.

Jam Buka Sendang Geulis Kahuripan

Waktu operasional tempat wisata ini adalah setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Objek Wisata di sekitar Sendang Geulis Kahuripan

Jika Anda berukunjung ke Sendang Geulis Kahuripan, jangan lupa untuk mampir ke objek-objek wisata yang ada di Bandung Barat Lainnya. Memang lokasi Sendang Geulis Kahuripan dengan objek-objek wisata di Bandung Barat lainnya cukup berjauhan, tapi apa salahnya jika Anda coba. Berukut ini adalah objek-objek wisata di Bandung Barat selain Sendang Geulis Kahuripan:

Bukit Senyum

Bukit Senyum berada di kaki Gunung Burangrang, tepatnya di sisi selatan. Lokasinya berada di sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, dan dikelola Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara, tepatnya di Resor Pangkuan Hutan (RPH) Burangrang Selatan. Bukit Senyum sejak dikembangkan pada November 2016 dan diresmikan pada Rabo 19 April 2017, telah menjadi primadona baru destinasi wisata Bandung Barat. Banyak foto-foto bertebaran tentang keindahan objek wisata alam ini di media sosial. Bahkan, saat ini pengunjungnya hampir menyamai Curug Cimahi. Untuk menikmati keindahan alam di Bukit Senyum ini pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000/ orang.


Sanghyang Heuleut

Lokasi Sangyang Heuleut terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sanghyang Heuluet merupakan sebuah danau yang dikelilingi dengan bebatuan yang eksotis. Karena keindahannya banyak wisatawan menyebut danau ini dengan sebutan kolam bidadari. Untuk menikmati keindahan danau ini pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000/ orang.

Curug Malela

Jika Anda suka camping, maka Anda bisa pergi ke Curug Malela. Di sekitar air terjun ini terdapat area yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Curug Malela sendiri sering dijuluki sebagai Niagara mini karna bentuknya yang melebar. Lokasi air terjun ini berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga.

Curug Tilu

Tempat ini berada di kawasan Wana Wisata Ciwangun Indah Camp, tepatnya berada di Desa Cihanjuang Rahayu. Dinamakan Curug Tilu karena air terjun ini bertingkat-tingkat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Di atas Curug Tilu, terdapat Curug Putri Layung. Di Curug Tilu ini terdapat beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berendam atau berenang.

Stone Garden

Di tempat ini Anda akan menemukan pemandangan batu-batu yang berada di atas bukit. Pemandangannya terlihat sangat indah. Pemandangan yang ada di sekitar Stone Garden ini cocok banget untuk objek fotografi. Sekitar 1,5 km dari Stone Garden ada sebuah goa yang dinaman Gowa Pawon. Lokasi Stone Garden sendiri berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat.