Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Sabtu, 25 Februari 2017

Lokasi dan Rute ke Pantai Baron Gunung Kidul

Lokasi Pantai Baron – Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. 

pantai-baron-gunung-kidul

Seperti pantai lainnya, Pantai Baron menawarkan keindahan pantai dengan hemparan pasir putih yang memesona serta keindahan tebing-tebing tingggi di kanan dan kirinya. Di pantai ini selain bisa menikmati keindahan pantai, tersedia juga aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. 

Namun, ikan-ikan yang ada di pantai ini semakin lama semakin sedikit. Maka dari itu, penduduk setempat kemudian banyak menangkap ikan ke tengah laut menggunakan rakit kayu. Adapun keberadaan kapal-kapal di pantai ini berawal dari terjadinya tragedi nelayan yang saat menangkap ikan di tengah laut digigit oleh ikan hiu. Kabar tergigitnya nelayan itu pun tersiar di mana-mana hingga ke telingan pemerintah. Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah menyumbangkan perahu untuk nelayan Pantai Baron.

Keunikan Pantai Baron ialah keberadaan sungai bawah tanah yang mengalir kearah laut. Keunikan sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. 

Lokasi Pantai Baron

Pantai Baron Jogja berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat dijangkau sejauh 2 – 2,5 jam dari pusat kota Jogja. 

Rute Pantai Baron dari Arah Malioboro

Carilah rute menuju ringroad dari timur Malioboro, setelah itu lurus terus sampai bertemu ringroad selatan. Kemudian carilah jalan menuju Kota Wonosari melewati Jalan Pinyungan, lurus terus sampai bertemu bukit Pathuk atau yang terkenal dengan sebutan Bukit Bintang. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 30 menit, Anda akan bertemu lampu merah yang mengarah ke Air Terjun Srigetuk, Playen, Paliyan. Ikuti jalur tersebut, lurus terus sampai bertemu papan petunjuk jalan menuju Pantai Baron. Jika tidak ingin pusing silakan lihat google mpas, atau bertanya pada warga sekitar.