Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Kamis, 23 Februari 2017

Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Bangka Belitung yang sering disingkat dengan Babel terdiri dari 2 pulau besar utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil berjumlah 470. Provinsi ini menjadi sangat terkenal karena menjadi latar kisah novel Laskar Pelangi yang diadaptasikan ke layar lebar. Karena keindahan panorama pantai dan sejarah yang ada di sana, daerah ini menjadi magnet bagi turis asing dan lokal untuk menikmati pesona alam khas Bangka Belitung. Berikut ini tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi.

Mercusuar Tanjung Kelian

Mercusuar Tanjung Kelian

Pantai Tanjung Kelian memiliki mercusuar tua berusia ratusan tahun. Bila kita berada di puncaknya, terlihat pemandangan indah Pantai Tanjung Kelian yang dikelilingi perahu nelayan dan pepohonan kelapa sawit. Wisatawan harus rela menaiki tangga-tangga mercusuar yang memiliki ketinggian 56 meter untuk mendapatkan pemandangan indah tersebut. 

Pantai Tanjung Tinggi 
Pantai Tanjung Tinggi

Batuan granit raksasa terlihat bertebaran di pantai indah yang diapit dua semenanjung. Tidak aneh daerah ini menjadi tempat wisata yang diunggulkan di Pulau Belitung. Warung makan dan hotel juga tersedia tidak jauh dari lokasi pantai ini. 

Museum Timah Indonesia
Museum Timah Indonesia

Selain pantai indah, Bangka Belitung terkenal pula sebagai penghasil timah. Museum ini didirikan oleh PT Tambang Timah (PERSERO) Tbk. Bertujuan untuk mencatat sejarah pertimahan di Babel sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat luas. 

Danau Kaolin
Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan bekas lubang tambang Kaolin atau tanah liat yang terisi air berwarna biru. Dinding danau berwarna putih, air berwarna biru dan hijaunya pepohonan memberikan pengalaman visual yang memanjakan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. 

Desa Gedong
Desa Gedong

Merupakan kampung pecinan tertua di Bangka Belitung, objek wisata ini menarik karena terdapat jejak arsitektur china yang berusia ratusan tahun dan kesederhanaan yang menjadi filosofi penduduknya. Kripik Kemplang menjadi oleh-oleh khas Desa Gedong karena banyak penduduk desa yang memproduksinya. 

Gunung Menumbing
Gunung Menumbing Bangka Belitung

Di gunung yang memiliki ketinggian 450 meter ini terdapat sebuah wisma yang dijadikan tempat tinggal Presiden Soekarno ketika di Pengasingan. Wisma Menumbing memiliki 6 kamar yang salah satunya dikunci rapat karena terdapat benda miliki Presiden Soekarno. 

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Sungailiat Bangka, kira-kira 45 menit perjalanan darat dari Pelabuhan Pangkal Balam. Pantai indah di deretan timur Pulau Bangka ini memiliki resor berkelas internasional. Air laut yang bening, batuan granit besar dan fasilitas lengkap membuat pantai ini menjadi primadona berkelas. 

Vihara Dewi Kwan Im 
Vihara Dewi Kwan Im Bangka Belitung

Vihara ini terdapat di Desa Jelitik, kecamatan Sungaliat dan memiliki bentuk menyerupai kapal yang siap berlayar. Lokasinya yang berada di kaki bukit dan tepi aliran sungai membuat Vihara ini dikelilingi pemandangan indah. Di dalam Vihara terdapat pemandian umum yang bernama Kolam Tujuh Bidadari dan penginapan.