Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Senin, 06 Maret 2017

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi . Berbicara tentang kota Blitar, tentu akan terlintas dalam benak kita tentang makam faunding father Indonesia, yakni Makam Bung Karno. Hal ini karena, di kota ini lah disemanyamkannya jasad prisiden pertama Republik Indonesia.

Berbicara tentang makam Bung Karno, maka kita juga harus membicarakan museum dan juga toko-toko suvenir dan berbagai kuliner yang ada disekitar makam tersebut. Namun, dalam artikel ini kita tidak akan membicarakan hal itu, melainkan membicarakan tempat-tempat wisata di Blitar secara keseluruhan, meskipun di dalam artikel ini hanya akan disebut 10 tempat wisata saja. Apa saja 10 tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi? Yuk baca terus artikelnya.

Agrowisata Karangsari

Agrowisata-Karangsari-Blitar

Blitar selain terkenal dengan rambutannya yang manis dan segar, juga terkenal dengan buah belimbingnya. Yah, belimbing buah berwarna kuning dan berbentuk bintang itu sudah lama menjadi buah primadona di Blitar. Nah, jika Anda ingin menikmati enaknya belimbing Blitar maka Anda bisa mengunjungi Agrowisata Karangsari yang ada di Desa Karangsari, Kec. Sukorejo.

Di Agrowisata Karangsari terdapat dua jenis belimbing yang dibudidayakan, yaitu belimbing Filipina dan belimbing Bangkok. Di Agrowisata Karangsari ini Anda bisa memetik sendiri buah belimbing untuk Anda bawa pulang. Selain itu, Anda juga bisa membeli makanan khas Blitar berbahan belimbing, seperti; sirup, keripik, manisan dan dodol belimbing.

Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran-Rusa-Maliran-Blitar

Penangkaran Rusa Maliran adalah salah satu tempat wisata di Blitar yang sangat cocok untuk bersantai dengan teman maupun keluarga. Tempat wisata penangkaran rusa maliran ini berada di Kec. Pongok, Kab. Blitar. Di penakaran ini Anda dapat menemukan 200 ekor rusa yang berkeliaran dengan bebas. Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp.1000 untuk anak-anak dan Rp.2000 untuk dewasa. Di penangkaran ini terdapat taman bermain, gazebo serta warung makan yang menyajikan berbagai menu istimewa khas Belitar.

Pemandian Sumber Udel

Pemandian-Sumber-Udel-Blitar

Pemandian Sumber Udel berada di dekat Makam Bung Karno, tepatnya di Jln. Kali Brantas, Kel. Bendo. Di pemandian ini terdapat kolam untuk anak-anak dan dewasa, ada juga panggung gembira sebagai area bermain, serta jasa sewa alat renang.

Istana Gebang

Istana-Gebang-Blitar

Istana Gebang adalah rumah masa kecil Bung Karno. Istana ini berada di Jln. Sultan Agung, No.29, dan berdiri di atas tanah seluas 2 hektar. Di dalam Istana Gebang ini Anda akan menjumpai ruangan yang masih khas, dan berbagai perabotan yang ada di istana ini masih menggunakan model lama, sehingga ketika Anda memasuki istana ini, maka Anda akan merasakan suasana klasik nan eksotis. Di istana ini pula setiap tanggal 6 Juni, diadakan haul dan juga pertujukan hiburan rakyat.

Pantai Tambakrejo

Pantai-Tambakrejo-Blitar-Jawa-Timur

Pantai Tambakrejo merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang harus Anda kunjungi. Pantai yang berjarak kurang lebih 30 Kilometer dan terletak di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto ini menyajikan pemandangan hemparan pasir putih serta gelombang ombak biru yang menawan. Di pantai ini Anda bisa bermain air karena ombaknya tidak begitu besar, Anda juga bisa membeli ikan segar di pelelangan ikan yang ada di pantai ini.

Pantai Gondo Mayit

Pantai-Gondo-Mayit-Blitar

Pantai Gondo Mayit merupakan pantai favorit di Blitar. Pantai ini berada sekitar 45 Kilometer dari pusat kota Blitar, tepatnya di Desa Ringinrejo, Kec. Water, Kab. Blitar. Pantai Gondo Mayit menyajikan hempara pasir hitam dan deretan perbukitan yang masih asri. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga, dan juga cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Arung Jeram Soko

Arung-Jeram-Soko-Blitar

Apakah Anda suka tantangan atau sekadar ingin menguji andrenalin Anda? Jika Anda suka tantangan atau ingin menguji andrenalin Anda, di Blitar terdapat arung jeram yang sangat menantang. Arung jeram tersebut bernama Arung Jeram Soko, yakni salah satu tempat wisata favorit di Blitar yang lokasinya berada di Kabupaten Blitar. Di tempat ini, Anda bisa menyusuri sungai sepanjang sembilan Kilometer dengan tingkat kesulitas grade yang beragam. Bagi Anda yang baru pertama kali atau masih pemula dalam arum jeram, maka Arung Jeram Soko ini sangat cocok untuk Anda.

Candi Penataran

Candi-Penataran-Blitar

Candi Penataran adalah salah satu tempat wisata terkenal di Blitar. Candi ini berdiri di atas tanah seluas 180X130 meter, dan berada di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Candi ini terbagi menjadi 3 kawasan. Kawasan pertama terdapat Bale Agung, Batur Pendopo, Candi Angka dan tiga miniatur candi. Di kawasan 2 terdapat Candi Naga dan di kawasan 3 adalah candi induk (utama).

Gua Embultuk

Gua-Embultuk-Blitar

Gua Embultuk berada 40 Kilometer dari pusat kota Belitar. Gua ini panjangnya kurang lebih 1.500 meter dengan lebar 3 meter. Gua Embultuk merupakan tempat wisata stalakmit dan stalaktit di Blitar. Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda harus menggunakan alat penerang karena gua ini sangat gelap. Selain itu, Anda harus membawa pakaian ganti karena gua ini sangat lembab. Ketika musim liburan tiba, biasanya Gua Embultuk ramai dikunjungi oleh para rombongan study tour dari berbagai daerah.